Kemudahan Belajar Membaca Al Quran

Hadits tentang keutamaan dan kemudahan belajar membaca Al Quran :

Dari ‘Aisyah ra., Rasulullah saw.bersabda :”orang yang ahli dalam Al-Qur’an akan bersama dengan para malaikat pencatat mulia lagi benar. Dan orang yang terbata-bata membaca Al-Qur’an dan dia bersusah payah (untuk mempelajarinya), maka baginya pahala dua kali.”(HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’I dan Ibnu Majah)

Riwayat Hadits diatas mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua, dimana orang yang terbata-bata dalam mebaca Al Quran dan dia berusah payah untuk mempelajarinya maka didapatkan pahala 2x. Didapatkannya pahala 2x disini bukan berarti orang yang terbata-bata dalam membaca Al Quran memiliki pahala yang lebih besar dibanding kan dengan orang yang telah ahli dalam membaca Al Quran. Pahala 2x disini dimaksudkan adalah pahala dalam membacanya dan pahal untuk perjuangan dalam mempelajarinya.

Mudah Belajar Al Quran

Keutamaan hadits ini hendaknya dapat memotivasi kita untuk belajar membaca Al Quran. Karena tidak sedikit umat muslim yang belum bisa membaca Al Quran dengan baik dan benar sesuai yang telah dicontohkan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya. Banyak dari kita yang merasa cukup dengan kemampuan membaca Al Quran yang sudah dimiliki, dan apakah kita pernah memeriksakan bacaan Al Quran kita kepada ustadz atau syeikh yang sudah ahli dalam membaca Al Quran ?

Belajar membaca Al Quran merupakan sebuah kewajiban bagi seorang muslim, tanpa mengenal batasan umur. Bagi kita yang mungkin sudah berumur 30 tahun ke-atas tetapi belum memiliki kemampuan baca Al Quran yang baik, maka kita pun harus berusaha untuk belajar dengan lebih giat guna mendapatkan bacaan Al Quran yang sempurna. Allah SWT berfirman dalam surat Al Baqaroh, bahwasannya Al Quran adalah sebuah petunjuk bagi seluruh manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini untuk dapat sampai pada tujuan ke akhirat dengan selamat. Lalu bagaimana kita bisa mengambil petunjuk dalam Al Quran, jika membaca nya saja kita tidak bisa.

Belajar membaca Al Quran bukanlah sesuatu yang sulit, Karena Allah SWT telah menjamin kemudahan belajar Al Quran sesuai firman Nya :

Dalil Kemudahan Belajar Membaca Al Quran

QS Taha : Ayat 2

Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu (Muhammad) agar engkau menjadi susah “


QS Al Qamar : 17

“Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran[30], maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran? ”

Adapun adab utama dalam menuntut ilmu untuk belajar Al Quran adalah harus dengan menghadap Guru atau Ustadz yang ahli dalam membaca Al Quran. Belajar Al Quran tidak bisa secara otodidak sebagaimana ilmu-ilmu terapan lain yang mungkin bisa kita pelajari sendiri tanpa pendampingan seorang guru. Kenapa harus dengan guru ? Karena membaca Al Quran harus sesuai dengan apa yang sudah dicontohkan Rasulullah, agar kita bisa tau salah atau benar nya bacaan kita maka diperlukan seorang guru.

Bagi Anda yang ingin mulai untuk belajar mebaca Al Quran dan memerlukan pendampingan seorang guru atau Ustadz, LKP TarQ hadir untuk memberikan solusi dan jawaban atas kebutuhan Anda. TarQ merupakan sebuah Lembaga Kursus Membaca Al Quran dengan sebuah metode pembelajaran khusus yang dapat diterapkan untuk semua kalangan umur. Klik Disini untuk informasi lebih lanjut tentang Kursus Belajar Membaca Al Quran Bersama LKP TarQ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *